Prototipe aplikasi chatting “Dospemku†dengan fitur threading menggunakan Framework Cordova untuk konsultasi kompetensi berbasis Android
P Pada saat ini penghubung komunikasi manusia yang secara efisien dan mudah adalah melalui sistem perangkat aplikasi sosial media chatting. Dengan mengandalkan sinyal internet, pengguna dapat melakukan aktifitas pertemuan antara satu pihak dengan menggunakan media sosial tanpa perlu menggunakan pertemuan tatap muka, salah satunya dalam berkomunikasi konsultasi dalam permasalahan kompetensi di dunia Pendidikan. Referensi proyek akhir ini didasarkan pada pemikiran penulis untuk membentuk media web-based Halodoc, yang merupakan perumusan masalah inti dari proyek akhir ini. Dengan DOSPEMKU, penulis dapat berharap bisa menyelesaikan beberapa contoh kasus. Adapun contoh kasusnya seperti kesulitan datang karena tidak ada waktu untuk pergi(dalam kesibukan),menentukan jadwal waktu yang kurang cocok, tidak fleksibel, dan sebagainya. DOSPEMKU merupakan aplikasi chatting berbasis sistem operasi android, menerapkan Usecase Diagram dan Activity Diagram sebagai perancang kebutuhan fungsionalitas yg diimplementasikan ke DOSPEMKU. Netframework Cordova digunakan sebagai platform Integreted Development Environment (IDE) dengan bahasa pemrograman html,javascript dan menggunakan database phpMyAdmin sebagai basis data basenya. Perancangan Implementasi menggunakan beberapa metode, mulai dari perancangan antaramuka, basis data, hingga perancangan fungsionalitas dalam menentukan fitur – fitur apa yang terdapat didalam DOSPEMKU. Proses implementasi dilakukan pengujian baik dari sisi fungsionalitas dan non-fungsionalitas untuk testing apakah aplikasi sudah sesuai tahap perancangan. Sehingga proses perancangan, implementasi dan pengujian didapatkan bahwa aplikasi dibuat sesuai dan mengakomodasi percakapan sesuai pembahasan.
I In this days human communication that is efficient and easy is through a system of social media chat application devices. By relying on internet signals, users can carry out meeting activities between one party using social media without the need to use face-to-face meetings, one of which is in communicating consultations on competency issues in the world of education. The reference for this final project is based on the author's thoughts to form a web-based media Halodoc, which is the formulation of the core problem of this final project. With DOSPEMKU, the author can hope to solve some case examples. As for examples of cases such as difficulties coming because there is no time to go (in busyness), determining a time schedule that is not suitable, being inflexible, and so on. DOSPEMKU is a chat application based on the Android operating system, implementing Usecase Diagrams and Activity Diagrams as a designer for functionality requirements that are implemented into DOSPEMKU. The Cordova network is used as an Integrated Development Environment (IDE) platform with html, javascript programming languages and uses the phpMyAdmin database as the database base. Design Implementation uses several methods, ranging from interface design, database, to functionality design in determining what features are contained in DOSPEMKU. The implementation process is tested both in terms of functionality and non-functionality to test whether the application is in accordance with the design stage. So that the process of designing, implementing and testing it was found that the application was made according to and accommodated the conversation according to the discussion.