Pengembangan aplikasi simulator untuk pengenalan gerakan isyarat dengan menggunakan weka engine
P Penggunaan teknologi pengenalan gerakan isyarat masih sangat jarang digunakan terutama pada tempat seperti panti jompo. Di panti jompo penggunaan teknologi pengenalan gerakan isyarat ini sangat diperlukan karena lanjut usia perlu penanganan khusus terutama bagi lanjut usia yang bisu (tuna wicara) sehingga teknologi pengenalan gerakan isyarat ini sangat sekali diperlukan. Aplikasi simulator pengenalan gerakan isyarat adalah simulasi dari jaringan sensor (sensor matriks) yang dimana dapat digunakan untuk menghasilkan beberapa gesture. Sebuah gerakan isyarat didefinisikan sebuah gerakan dari tangan (jalur) dalam sebuah ruang untuk mengaktivasi beberapa sensor. Aplikasi simulator pengenalan gerakan isyarat mensimulasikan gerakan tangan melalui interpretasi gerakan mouse. Sebuah gerakan mouse akan menghasilkan sebuah sekuens dan beberapa observasi. Setiap observasi mempunyai 5 variabel t, x, y, i, dan j, diantaranya t melambangkan waktu, x dalam pixel melambangkan posisi koordinat x dari mouse pada waktu t, y dalam pixel melambangkan posisi koordinat y dari mouse pada waktu t, i integer melambangkan kolom indeks dari sensor yang telah diaktivasi (kotak persegi), dan j integer melambangkan index baris dari sensor yang telah diaktivasi (kotak persegi). Output yang dihasilkan oleh aplikasi simulator pengenalan gerakan isyarat akan ditampilkan di kotak review berikut keterangan perhitungan error dan hasil komputasi dari perbandingan beberapa algoritma, seperti: J48, Id3, BF, ml, dan IBS menggunakan weka engine untuk mendapatkan basil yang akurat dengan presentase keakuratan setiap algoritma, seperti algoritma J48 71% , algoritma 1d3 67% , algoritma BF 63%, algoritma 1B1 76%, dan algoritma 1B5 67%.
T The use of gesture recognition is rarely to use especially at the place such as nursing home. At nursing home, the use of gesture recognition is really important because of the elderly needs special treatment especially for the mute one is really necessary.Gesture recognition simulation is a simulation of a matrix sensor which can be used to generate gestures. A gesture is defined as a movement of the hand (path) in the space resulting in activation of some sensors. Gesture recognition simulation is simulating hand movement which is interpreted asthe mouse movement. A mouse movement will produce a sequence of observations. Each observation has 5 variables t,x,y,i and j, among others t in millisecond denotes the time, x in pixels denotes the x coordinate (position) of the mouse at time t, y in pixels denotes the y coordinate (position) of themouse at time t, i integer denotes the column index of the activated sensor (rectangle), j integer denotes the row index of the activated sensor (rectangle).The output which has been generated by gesture recognition application simulator will be shown in the review box including the error rates and computational result from the comparison of the algorithms, such as J48, Id3, BF, D31, and IB5 using weka engine to get the precision of every algorithm, such as J48 71%, Id3 67%, BF 63%, LB 1 76%, and 1135 67%.